Thursday, July 23, 2009

CARA MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG

TINGKATKAN TRAFFIC DENGAN PROMOSIKAN BLOG

Blog baru Kamu harus dipromosikan agar dikenal oleh bloger yang lain. Nah, di bawah ini beberapa cara untuk mempromosikan blog Kamu:
1. Daftarkan di search engine
2. Daftarkan di direktori blog
3. Manfaatkan situs social bookmarking
4. Promosikan melalui signature email atau forum
5. Blogwalking dan tebar komentar di blog lain

Mendaftarkan blog ke search engine
Penting untuk mendaftarkan blog ke search engine supaya blog kita terindeks oleh search engine. Di bawah ini daftar search engine yang bisa Kamu ambil untuk mendaftarkan blog Kamu.
Daftar search engine:
www.google.com
www.searchengine.com
www.infotiger.com
www.scrubtheweb.com
www.searchuk.com
www.entireweb.com
www.maxpromo.com
www.aesop.com
www.whatuseek.com
www.splatsearch.com
www.walhello.com
www.acoon.de
www.szukacz.pl
www.daypop.com
www.fybersearch.com
www.biveroo.de
www.infoseek.co.jp
www.yandex.ru
www.amfibi.com
www.bigfinder.com
www.metawebsearch.com
www.jayde.com
www.cipinet.com
www.infotiger.com
www.websquash.com
www.Search-o-rama.com
www.unasked.com
www.uk.abacho.com
www.mixcat.com

Nggak usah repot-repot membuka satu per satu search engine di atas. Kamu dapat memanfaatkan layanan dari mypagerank.net dengan url http://www.mypagerank.net/service_enginessubmit_index
Informasi di atas diperleh dari www.o-om.com.

Mendaftarkan blog ke direktori blog
Banyak manfaat yang didapat dengan mendaftarkan blog ke direktori blog. Salah satu manfaat yang paling penting adalah blog kita akan terindeks di mesin pencari. Manfaat lain, beberapa direktori blog juga berfungsi sebagai social bookmark sehingga kita akan bisa berhubungan dengan bloger-bloger lain sebagai kontak/kawan seperti di friendster.com.

Daftar direktori blog yang layak untuk didaftari:
www.blogcatalog.com
www.blogexplosion.com/
www.blogindonesia.com
www.technorati.com
www.entrecard.com

Bergabung dengan situs social bookmarking
Pada bagian direktori blog di atas disinggung sedikit mengenai social bookmarking. Situs social bookmarking adalah situs yang memberikan layanan social bookmark kepada anggotanya. Cara kerja situs itu seperti kalau Kamu membuat bookmark situs-situs favorit Kamu di browser yang Kamu miliki.
Bedanya, kali ini Kamu akan mem-bookmark artikel dari blog ke situs social bookmarking sehingga anggota situs social bookmark yang lain mendapat informasi mengenai artikel yang Kamu bookmark itu. Paling mudah kita gunakan saja istilah berbagi/sharing. Kita berbagi artikel kepada bloger lain melalui situs social bookmarking.

Daftar situs social bookmarking:
www.del.icio.us
www.digg.com
www.stumbleupon.com
www.technorati.com
www.furl.com
www.lintasberita.com

Promosi melalui signature email dan forum
Saya yakin Kamu sudah terbiasa dengan email dan Kamu ikut berbagai mailing list. Nah, penting bagi Kamu untuk mempromosikan blog Kamu melalui tanda-tangan email Kamu sehingga setiap kali Kamu mengirim email Kamu telah mempromosikan blog Kamu melalui email tersebut. Apabila Kamu ikut mailing list maka setiap kali Kamu kirim email ke mailing list tersebut Kamu berpotensi mempromosikan blog Kamu ke seluruh anggota mailing list. Kalau Kamu ikut banyak mailing list maka makin banyak obyek promosi Kamu melalui tandatangan email. Selain email, penting juga bagi Kamu untuk bergabung dengan forum diskusi. Forum apa saja. Bisa yang berhubungan dengan hobi atau komunitas Kamu. Nah, sertakan alamat blog Kamu pada signature Kamu di forum. Jangan malu-malu untuk mempromosikan blog Kamu melalui signature Kamu di forum.

Blogwalking Dan Tebar Komentar
Sebagi bloger Kamu harus berhubungan dengan bloger-bloger lain. Kamu tentu ingin keberadaan Kamu di blogosfer diketahui oleh bloger-bloger lain. Nah, cara yang efektif untuk memperkenalkan blogmu di blogosfer adalah dengan mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar di sana. Istilah untuk kegiatan itu adalah blogwalking. Secara harfiah berarti Kamu berjalan-jalan (berkunjung) ke blog lain. Nah, saat blogwalking itulah Kamu sebaiknya meninggalkan tanda beruka komentar.
Mengapa?
Karena ada aturan tidak tertulis di dunia blog bahwa pemilik blog yang dikomentari akan memberikan kunjungan balik ke blog pemberi komentar. Dengan demikian, apabila Kamu meninggalkan komentar di 10 blog maka Kamu akan memiliki potensi untuk dikunjungi oleh 10 bloger lain. Jadikanlah kegiatan untuk tebar komentar itu sebagai kegiatan rutin setiap hari. Minimal kunjungilah 10 blog dan tinggalkan komentar di sana. Mudah-mudahan blog Kamu akan
cepat dikenal.

Kiat Sukses Promosi Blog
Ada ebook bagus tentang promosi blog yang BlogDuit.com rekomendasikan untuk Kamu. Blog ini ditulis oleh Agus Ramadhani yang terkelan dengan blognya www.o-om.com. Materi ebook ini sangat bagus untuk Kamu yang ingin mengetahui cara promosi blog yang baik. Ebook tersebut dapat didownload di http://www.o-om.com/2008/05/e-book-kiatsukses-
promosi-blog.html

1 komentar:

Informasinya sangat bermanfaat sekali. Meningkatkan jumlah traffic memang suatu hal yang susah dan banyak pengorbanan yang harus kita lakukan agar blog kita ramai oleh traffic. terima kasih

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More